Sabtu, 10 Maret 2012

Komunitas Lowrider Vredeburg


Komunitas Lowrider Vredeburg

We're not the only one but we're the one that still pedaling 'till now!

Sejarah Klover



Merupakan kependekan dari Komunitas Lowrider Vredeburg yang berdiri 26 April 2008 di Yogyakarta, Indonesia. Embrio komunitas ini berawal saat beberapa teman sesama penggemar custom bicycle saling berjumpa di depan Benteng Vredeburg. Perjumpaan yang dilandasi sikap saling menghormati ini membuahkan keputusan untuk melebur dalam satu nama. Dengan mengambil nama tempat pertemuan awal itu, tercetuslah nama KLOVER. Semenjak itu, banyak teman penggemar custom bicycle berdatangan dari segala penjuru kota Yogyakarta untuk sharing bareng di utara Bank BNI 1946, Malioboro setiap malam minggunya. 

Bergabung menjadi Squad (sebutan member KLOVER) sangatlah mudah. Tinggal datang saja ke Benteng Vredeburg sambil memboseh custom bicycle kalian masing-masing itu sudah cukup. Kalian tidak perlu harus memiliki custom bicycle yangbranded, kinclong atau supermahal sekalipun, cukuplah dengan menjadi dirimu sendiri dan hormatilah sesama penggemar custom bicycle pada khususnya dan para pesepeda pada umumnya. At least, praktekkanlah 3 S (Salam, Senyum, Sapa) setiap kalian berjumpa sesama pesepeda. Buat apa sih saling membeda-bedakan bukannya Semua Sepeda Sama (SSS).

Salam KLOVER!... 


Makna Logo Klover


1. PERISAI      
Melambangkan pertahanan Squad terhadap hempasan trend sepeda, 
mampukah kalian bertahan?...
2. DEDAUNAN  
Melambangkan banyaknya Squad di komunitas ini.
3. AKAR     
Simbol hubungan erat yang mengakar antar sesama penggemar sepeda modifikasi.
4. TRISULA      
Selain melambangkan tekad bulat dan keberanian juga merupakan ikon dari pagar Monumen SO 1 Maret. Memiliki tekad bulat dan berani bertahan tetap setia mencintai sepedanya masing-masing.
5. WARNA     
Hitam dan putih, dibuat berpetak empat sebagai simbol empat arah mata angin menunjukkan bahwa KLOVER Squad berasal bukan dari satu wilayah saja tapi dari seluruh pelosok Yogyakarta.
6. FONT (JENIS HURUF)   
Nama komunitas menggunakan 
typeface CopprplGoth Bd BT. Kesan tegas, kokoh, berkait adalah simbolisasi keterikatan emosi antar Squad yang bukan hanya menjadikan KLOVER sebagai keluarga kedua mereka tapi mampu berperan seakan menjadi sepasang kembar siam.
7. PITA     
Simbolisasi dari unsur pengikat diantara KLOVER Squad, mereka diikat oleh satu kesamaan yaitu cinta akan sepeda modifikasi.
8. SEPEDA LOWRIDER 20” FULL CUSTOM 
Sebagai simbol bahwa komunitas ini adalah kumpulan pecinta sepeda modifikasi yang diawali dengan 
lowrider 20”. Dan kini mampu berkembang lebih luas lagi dalam aplikasi orientasinya.
9. KLOVER
Bila dipisah penulisannya menjadi K - LOVE - R, penjelasannya adalah K untuk Kustom yaitu orientasi sepeda yang dipilih dalam komunitas ini, LOVE untuk cinta akan segala hal positif termasuk di dalamnya kecintaan pada sepeda modifikasi dan R untuk Respect (menghargai/menghormati), terhadap antar Squad maupun masyarakat sekitarnya.

K.K.K : Kamus Kustom Klover

1. Sektor : wilayah dimana KLOVER squad berada, contoh; Pandak, Pingit, Godean, Bantul, TPR, Imogiri, Janti dll.

2. Squad : sebutan untuk tiap individu KLOVER yang berada dalam sebuah sektor.

3. Alter Ego : bila dijelaskan secara literal berarti pecah identitas atau masalah psikologi tentang kepribadian ganda yang dimiliki oleh satu individu. Sedangkan bila dijelaskan dalam konteks KLOVER, Alter Ego adalah sebuah identitas baru yang sengaja dibentuk dengan tujuan untuk mewadahi squad tetap berada di bawah naungan satu bendera yang sama walau mereka memiliki minat akan jenis sepeda yang berbeda. Mudahnya disebut dengan slogan Unity In (bike) Diversity atau bersatu dalam perbedaan jenis sepeda. Konsepsi Alter Ego ini dicetuskan karena tidak ingin adanya teori kasta maupun diskriminasi jenis sepeda dalam KLOVER, jadi tidak akan ada pembedaan antara sepeda glamour atau sepeda busuk, semuanya sama dalam satu kayuhan berirama. Akan ada penjelasan khusus mengenai Konsepsi Alter Ego di topik diskusi yang lain.

4. S.S.S (Single Speed Syndicate) dibaca Triple S : divisi (alter ego) KLOVER yang dibentuk untuk mewadahi squad yang memiliki sepeda dengan kecepatan tunggal dan memiliki minat di ranah balap (race) tanpa ada diskriminasi bentuk frame. Memiliki slogan “Semua Sepeda Saudara” . Alter ego ini terinspirasi dari pasukan elit NAZI, Waffen SS.

5. Anarcho Bike : divisi (alter ego) KLOVER yang dibentuk untuk mengarahkan squad ke arah olahraga polo. Memiliki slogan “Bukan Asal Bikin Rusuh!”. Belum memiliki tempat latihan yang fixed jadi tergantung kesepakatan antar squad dalam memilih tempat latihan.

6. B.B.B (BonBonBike) dibaca Triple B : divisi (alter ego) KLOVER yang dibentuk untuk mewadahi squad yang memiliki minat ke arah freestyle riding (tricking). Alter ego ini memiliki ciri khas sepeda dengan warna-warna ngejreng (cerah/neon) tanpa memandang jenis frame dan menekankan kepada squad dengan penguasaan trik persepedaan a la BMX atau pengaruh dari jenis olahraga sepeda yang lain. Kata Bon Bon umum digunakan anak kecil Sumatera untuk menyebut permen.

7. KLOVER Wild Night : malam kumpul rutin tiap malam minggu (Sabtu) di Benteng Vredeburg/Tugu.

8. Sore Seru Sekali : acara kumpul sore hari untuk Anarcho Bike/S.S.S/B.B.B. Agendanya bike polo dan/atau belajar trik. Jadwal kumpul dirundingkan dan disepakati antar squad dalam satu sektor sehingga akan ada jadwal yang berbeda-beda antar sektor.

9. Kruize : sebutan yang digunakan KLOVER untuk nama agenda bersepeda bersamasemua sektor. Contohnya; Happy Kruize, Kamardhikan Kruize, Retro Kruize dll. Sengaja ditulis tidak seperti dalam kamus yaitu cruise yang memiliki arti literal pelayaran/pesiar, alasannya K mewakili huruf depan KLOVER sedangkan pemakaian huruf Z diibaratkan sebagai simbol kilat yang mengisyaratkan sebuah awareness(menaruh perhatian penuh/menyadari keberadaan) terhadap KLOVER.

10. Massive Kruize : jadwal kumpul utama seluruh Squad yang diadakan tiap minggu terakhir di akhir bulan. Pemilihan tempat kumpul ditentukan setelah ada perundingan antar sektor.

11. Happy Kruize : agenda kruize yang diadakan dalam rangka acara syukuran yang diadakan oleh salah satu squad. Contohnya; squad A baru saja merayakan kelulusan SMA kemudian squad A ingin mengundang squad lain untuk kruize bareng merayakan kebahagiaannya itu.

12. Agenda lain yang belum tetap jadwalnya akan diberi nama sesuai tema yang disepakati antara sektor, contoh : Retro Kruize, Kamardhikan Kruize, Gowess Ngidul dsb.

13. K(love)R : Sebutan bagi forum gathering untuk sharing berbagai hal mengenai KLOVER dan sekitarnya yang akan rutin digelar untuk ke depannya. Penekanannya adalah pada kata "love" untuk membuktikan kecintaan kita kepada sepeda. Salah satu agenda yang akan rutin digelar adalah nonton bareng film-film sepeda.

14. Orientasi KLOVER adalah custom bicycle bukan lowrider. Penjelasannya adalah sbb :
a. Custom Bicycle adalah sebutan untuk aktivitas dimana seseorang atau kelompok merubah tampilan maupun fungsi sebuah sepeda disesuaikan karakter pengendaranya, sedangkan

b. Lowrider*) adalah sebutan untuk aktivitas dimana seseorang atau kelompok merubah posisi ground clearance (ruang jarak kendaraan dari tanah) kendaraan menjadi serendah mungkin (ceper). Contohnya, kalau ada yang memodif Mio jadi ceper maka disebut dengan Mio Lowrider dsb.

*) Perlu diketahui bahwa yang melakukan modifikasi sepeda pertama kali sekaligus mendapatkan sorotan media luas yaitu George Barris, seseorang yang sangat berpengalaman memodifikasi American Muscle Car yang saat itu jamak disebut dengan lowrider (cek wikipedia untuk lebih detailnya dengan kata kunci : lowrider). Sepeda yang menjadi target modifikasi pertamanya adalah Schwinn Sting Ray ukuran roda 20” yang ditampilkan di acara televisi sekitar tahun ’50-an berjudul “The Munster”. Dari sinilah bisa ditarik kesimpulan mulai kapan Schwinn Sting Ray 20” mendapatkan sebutan kerennya, yaitu lowrider bicycle.



Salam Klover



Kalian tentu saja mengenal simbol jari kan?...
Semisal salam tiga jari di genre musik rock atau metal, simbol dua jari membentuk huruf V untuk menyatakan perdamaian dan masih banyak lagi …
Nah!... KLOVER pun memiliki simbol jarinya sendiri yang dinamakan “Salam KLOVER” yaitu sebuah simbol jari untuk saling menyapa antar Squad.

Salam KLOVER memiliki maknanya tersendiri, yakni :

1. Jempol
Simbolisasi unsur positif yang dilakukan tiap Squad. Jamak ditemui dimana saja setiap orang melakukan hal positif maka orang lain akan memberikan apresiasi berupa menunjukkan jempol mereka.

2. Lipatan Jari Telunjuk & Jari Tengah
Simbolisasi frame lengkung (Rainbow Bent Frame) sebagai ciri khas KLOVER, komunitas berbasis custom bicycle.

3. Lipatan Jari Manis & Jari Kelingking
Simbolisasi dua kaki kuat untuk mengayuh custom bicycle masing-masing.

0 komentar:

Poskan Komentar