Sabtu, 10 Maret 2012

Boardtrack : Ngepit Ngebut Sak Pole!...


Boardtrack : Ngepit Ngebut Sak Pole!...

 
Boardtrack berawal sekitar tahun 1910. Boardtrack pada dasarnya adalah sepeda olahraga yang dilombakan diatas lintasan velodrome alas papan atau tanah. Sepeda boardtrack pertama kali diperkenalkan di jalur papan untuk lomba terbuka di Los Angeles Coliseum dekat Playa del Rey, California pada tahun 1910. Dengan memanfaatkan teknologi yang sama dengan velodrome pada umumnya digunakanlah untuk balapan sepeda. Velodrome ini dibuat dengan ukuran 2 inch (51 mm) x 4 inch (100 mm) terbuat dari papan dan berbelok hingga 45°.


Sayangnya, saat itu teknologi sangatlah minim hingga sulit sekali menemukan dokumentasi tentang balapan ini. Sekali lagi sayang seribu sayang, trend ini cuma berjalan selama setahun lalu tergilas oleh jenis boardtrack bermesin di tahun 1911 yang modelnya seperti Harley Davidson Indiana dan menjadi trend yang merajalela pada saat itu.


Seiring berjalannya waktu, velodrome kembali dihadirkan dengan aliran sepeda boardtrack classic (jenis onthel) yg kita kenal denganPathracer, inilah awal dari pertumbuhan balap velodrome jenis kecepatan tunggal (single speed) dan fixed gear track yang kini ramai.


Perputaran trend kembali membawa boardtrack menjadi trend baru di berbagai belahan dunia, khususnya Eropa dan Amerika. Boardtrack era ini mungkin bisa kita kenal dengan model frame yg berbeda, yaitu melengkung (rainbow bent frame) a la Amerika dan patah-patah a la Eropa (lebih detail cek www.ratrodbikes.com page Boardtrack style). Sayangnya di belahan bumi yang lain, trend sepeda modif jenis ini kurang berkembang khususnya di Indonesia.


Coba kamu googling boardtrack, pasti yang keluar cuma gambar motor dan sepedanya hanya beberapa saja. Didasari hal ini,di Indonesia kemudian lahir, ID-BOARDTRACKERS (Indonesian Boardtracker). Atas inisiatif Ocky dan disupport oleh Idham Pratama (designer & merchandiser), ID-BOARDTRACKERS menjadi salah satu di Indonesia yg mencoba menyebarkan virus dan kultur Boardtrack.


Berawal dari pembuatan grup online di Facebook kemudian semakin membengkak sehingga timbul usul untuk membuatnya menjadi sebuah komunitas/paguyuban (bukan club) penyuka sepeda jenis boardtrack dari berbagai klub sepeda maupun perorangan. Akhirnya, usaha ini membuahkan hasil yang sangat signifikan dengan peningkatan jumlah penggemar sehingga pelan-pelan tapi pasti mulai dikenal oleh banyak pengemar sepeda modifikasi di Indonesia. ID-BOARDTRACKERS mencoba mempopulerkan kultur boardtrack yang murni sepeda sebagai alternatif jenis sepeda yang berkembang di tanah air sebagai generasi baru di di ranah sepeda modifikasi Indonesia.


ID-BOARDTRACKERS mencoba mengumpulkan para pengemar Boardtrack, Cruisertrack dan Caféracer di ranah sepeda modifikasi Indonesia dengan tampilan outlaw tetapi diperuntukan buat ngebut dan touring. Untuk sementara ini lebih menekankan pada jenis sepeda boardtrack yang benar-benar dikayuh (tanpa mesin).


Sesuai dengan kodratnya sebagai varian dari jenis sepeda modifikasi, maka unsur modifikasi sangatlah kuat mempengaruhi jenis sepeda ini. Mulai dari perhitungan geometri, komparasi rasio, estetika dan penggunaan sparepart dari sepeda jenis lain yang berguna untuk memudahkan pengendara terutama untuk mencapai kecepatan dan kenyamanan dengan tetap mempertahankan tampilan outlaw sebagai ciri khas jenis sepeda ini.


Mataram Boardtrack Infantry | Ngepit Ngebut Sak Pole!

Dari berbagai sumber :
http://www.ratrodbikes.com
http://www.sakeracers.blogspot.com
http://id-boardtrackers.blogspot.com/
http://theoldmotor.com/?tag=playa-del-ray-board-track
http://vintagetz.com/httpwwwcoyoter/FINAL-board-track-racing.jpg
http://thevintagent.blogspot.com/2008/12/board-track-racing-on-film.html
http://www.motorcycle-memories.com/postersbig/329.%20board%20track.JPG

0 komentar:

Posting Komentar