Jumat, 09 Maret 2012

John Brain : 40 Years Of Custom Biking

John Brain : 40 Years Of Custom Biking

Adalah John Brain, warga negara Kanada yang memiliki pengaruh besar di dunia sepeda modifikasi. Dia telah berkecimpung selama 40 tahun dan masih aktif hingga kini. Dia juga disebut-sebut sebagai missing link dunia sepeda modifikasi setelah era George Barris usai. Dia kini menjadi salah satu editor majalah sepeda modifikasi terkenal berjudul Bike Rod and Kustom (http://bikerodnkustom3.homestead.com). Di majalah itu dia banyak sharing tentang berbagai hal mengenai sepeda modifikasi dan segala hal yang berkaitan dengannya. John Brain adalah sosok yang ramah dan tidak pernah merasa rugi untuk membagi ilmunya maka dia pun berkenan kita wawancarai tentang kiprahnya selama ini, selamat menikmati …


Apa rahasia Anda sampai bisa bertahan selama 40 tahun di dunia sepeda modifikasi?
Melalui berbagai masa, saya selalu merawat sepeda saya dalam kondisi yang baik hingga kini. Walau sepeda saya dan tentu saja, saya telah menua tapi kami tetap bersama. Hal paling utama yang bisa kamu lakukan dengan sepeda adalah kamu bisa bermain dengannya sesukamu. Saya telah memodifikasi sepeda selama 40 tahun dan saya masih mencintainya hingga kini.  
Apa rahasiaku?... Hmm... First of all, tentu saja naikilah, kedua cobalah untuk membuat sparepart sepedamu nampak berbeda dari yang lainnya. Seiring perjalanan waktu selalu tantanglah dirimu sendiri untuk melakukan hal yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Rangka sepeda adalah yang paling utama sebagai pusat perhatian sehingga membuat orang berpaling padamu. Desainlah setiap komponen di sepedamu seunik mungkin karena itulah inti dari sepeda modifikasi. Hal terpenting adalah terus menantang dirimu melakukan hal yang baru. Sehingga kamu akan menemui hal paling menyenangkan di dalamnya, yaitu inilah hal paling asyik yang kupilih, yaitu sepeda modifikasi. 

Apa tidak bosan sedemikian lama berkutat dengan sepeda modifikasi? Bagaimana caranya biar tidak menjadi rutinitas yang membosankan?...
Saat kamu merakit sesuatu yang biasa saja dan membuatmu tak tertantang maka semua itu bakal jadi hal paling ngebosenin. Di dunia sepeda modifikasi, kamulah bosnya! kamu yang buat aturannya! memodifikasi akan membosankan bila kamu selalu melakukan apa yang sudah kamu lakukan sebelumnya. Saat kamu selalu menantang dirimu sendiri maka kamu akan merasakan kesenangan itu karena memodifikasi bukanlah pekerjaan kantoran yang teratur, disini kamu membuat aturan dan hasilmu sendiri. Di dalam dunia modifikasi, kamu akan memiliki visi kreatif dalam mengeksplorasi sesuatu yang baru dan itulah kunci utama untuk selamat dan terus maju demi sepeda modifikasimu.



Bilamana ada konsumen meminta dibuatkan sepeda modifikasi tapi tidak mengerti arti dari sepeda modifikasi itu sendiri, apa yang harus dilakukan?
Sepeda modifikasi adalah sebuah gaya hidup dan itu adalah kendaraan roda dua yang berfungsi sebagai etalase kreativitasmu. Banyak orang mampu terjun ke dalam dunia sepeda modifikasi dengan bantuan dari toko sepeda yang dikelola oleh orang yang punya pemahaman yang baik tentang hal ini. Saat sebuah toko sepeda bermula seperti ini tidak hanya saja bisa berjualan sparepart saja tapi juga bisa menawarkan desain unik buatan tangan mereka sendiri. Sebuah toko sepeda harus mampu berjibaku untuk menghasilkan desain berkualitas juga pelayanan yang tidak kalah spesial. Sebuah toko sepeda juga butuh kepercayaan dari konsumennya dan ini hanya akan terwujud saat kedua belah pihak saling jujur dan transparan.



Banyak orang yang datang ke sebuah toko sepeda tidak butuh sesuatu yang termodifikasi. Mereka hanya mencari sesuatu yang nampak bagus tapi buatan pabrik. Itu tidak masalah, toko sepeda tetap harus menyediakan sesuatu yang spesial dengan harga terjangkau utuk konsumen seperti ini. Sudah seharusnya toko sepeda menawarkan satu sepeda utuh beserta kelengkapan sparepartnya sebagai pilihan bagi konsumen.


Sebuah toko sepeda sebaiknya juga menampilkan dokumentasi sepeda modifikasi buatannya beserta proses produksinya. Kalau perlu juga saat sepeda modifikasi tersebut menang dalam sebuah kontes. Tunjukkan bahwa kamu bisa membuat sesuatu, tunjukkan kreativitasmu. Tawarkan kepada konsumen proses dari awal hingga sepeda itu terwujud. Banyak orang berawal dari membangun atau merubah sepeda pabrikan kemudian mereka bertukar pengalaman melalui interaksi dalam sebuah komunitas sehingga membuat mereka terpengaruh untuk membangun sepeda mereka sendiri karena sepeda modifikasi adalah cerminan dari pemiliknya.



Tunjukkan kepada semua konsumen bahwa sepeda modifikasi adalah bagian dari sebuah gaya hidup yang bisa dipilih sebagai alternatif. Semua ini adalah tentang bagaimana berpikir dengan cara yang berbeda. Sekali lagi bukan tentang uang yang kamu dapat kemudian dihamburkan untuk membangun sebuah sepeda tapi ini tentang bagaimana membuat orang berpaling kemudian memberikan pujian terhadap karya yang kamu hasilkan. Tunjukkanlah kepada mereka bagaimana asyiknya memodifikasi sepeda dan tunjukkan juga berbagai kemungkinan yang bisa didapatkan dari dunia sepeda modifikasi ini.



Sebuah toko sepeda modifikasi juga bukan semata-mata tentang sepeda saja tapi juga menyangkut gaya hidup, pertemanan dan persaudaraan yang terpupuk diantara keduanya. Lengkapilah toko itu dengan musik, poster, foto-foto dimana antar builder sepeda modifikasi itu saling berpose bersama. Tunjukkan bahwa dunia sepeda modifikasi itu tidak sempit tapi penuh rasa persahabatan dan kesenangan. Ceritakan kepada konsumen bahwa dengan membangun sepeda modifikasi seakan-akan mereka mampu mewujudkan apapun yang mereka mau dan bakal menemui hal lain yang seru lainnya. Buatlah konsumen nyaman sehingga mereka akan selalu merasa tertantang untuk menjadi lebih kreatif. Seorang pemula akan memulai dengan sesuatu yang mudah tapi lambat laun akan menjadi lebih baik saat melihat apa yang ada di sekitarnya. Itulah kenapa berada di sebuah komunitas dan larut dalam acara mereka menjadi begitu penting. Sesama mereka akan senang sekali membagi apa yang telah dilakukannya kepada orang lain sehingga hal ini akan membuat orang lain tergerak untuk memulai proyek sepedanya sendiri yang lebih baik.



Kamu harus mempercayai segala keputusan konsumen , tapi suatu kali tetap harus kamu bilang bahwa kamu harus bisa memutuskannya sendiri. Jangan pernah kamu membuatkan sepeda yang kamu pun enggan melihatnya. Suatu saat kamu harus bilang ke mereka 'Saya tidak bisa membuatkannya untukmu'. karena sepeda modifikasi yang kamu buat adalah reputasi bagimu. Maka jangan pernah kamu rusak reputasimu dengan membangun sepeda yang tidak layak, walaupun konsumen itu akan mampu membayarmu mahal. Jika hasil modifikasimu nampak buruk maka hancurlah reputasimu!...



Sebuah sepeda modifikasi bagai baju bagi pengendaranya, adalah sesuatu yang selalu kamu pakai sekaligus tunjukkan ke banyak orang, inilah kamu!... Sepeda modifikasi mampu memberikan tanda bahwa kamu orang yang kreatif sekaligus orang yang mampu memilih kehidupan yang lebih menarik dan menantang dari kebanyakan orang.


Sebuah sharing inspiratif yang semoga dapat membuat teman-teman yang menyukai dunia sepeda modifikasi menjadi lebih bersemangat dan tidak akan pernah berpindah ke lain hati. Karena dunia sepeda modifikasi adalah dunia kreatif dan penuh tantangan karena tanpa semua itu hidupmu akan hambar. Salam Selecek :)




The Chopperdome FBI COTY (Cruiser Of The Year 2010)

Dari berbagai sumber
http://www.chopaderos.com
http://bikerodnkustom5.homestead.com/brainhistory68.html

0 komentar:

Posting Komentar